Hendri Susilo : Persiraja Siapkan Taktik Tersendiri Untuk Hadapi PSIS Semarang

Indosoccer.id – Liga1 – Kesebelasan Persiraja Banda Aceh nampaknya pada perlehatan liga BRI Liga 1 tahun 2021/2022 ini kurang begitu siap. Materi pemain Persiraja dianggap masih kurang ideal, terutama adalah dari pemain lokal. Kenyataan ini diakui oleh pelatih Persiraja Hendri Susilo, yang masih mengharapkan tambahan skuad lokal untuk Laskar Rencong.

Meski demikian hal ini tidak membuat pelatih Persiraja Hendri Susilo menyerah begitu saja, eks striker Timnas Indonesia tahun 1990-an ini terus mencoba meracik squad terbaiknya dengan perubahan taktik dan komposisi pemain yang diturunkan tim promosi ini sejak pekan pertama liga bergulir.

Keterbatasan squad yang dimiliki membuat pelatih Hendri Susilo sering melakukan eksperimen dengan memasang beberapa pemain Persiraja Banda Aceh dengan posisi yang tidak tetap sesuai kebiasaan pemain. Hal ini kemungkinan adalah taktik yang disebabkan pemain utama andalan mereka absen.

Bukti dari racikan pelatih Hendri Susilo adalah dari hasil dua pertandingan yang telah mereka jalani. Saat kalah melawan Bhayangkara 1-2 pada pertandingan perdana, Hendri sukses meracik taktik dengan memainkan tiga anak buahnya di posisi spesialisnya. Mereka hanya kalah 1-2 melawan klub kuat Bhayangkara.

Hal lebih menakjubkan adalah racikan pada pertandingan kedua ketika mereka berhasil mengalahkan PSS Sleman dengan skor 3-2 di pekan kedua. Hendri berani menempatkan Subhan Fajri sebagai bek kiri. Meskipun sebenarnya spesialis sang pemain 18 tahun jebolan Garuda Select angkatan kedua ini adalah spesialis gelandang.

“Tak ada rotan, akar pun jadi. Bagi saya di Persiraja tak ada pemain spesialis. Mereka harus siap main di posisi mana pun sesuai kebutuhan tim,” ujar Hendri Susilo, Selasa (14/9).

Namun mantan pelatih Persisam ini menyatakan bahwa yang dia lakukan dalam memilih taktik bermain tak sembarangan dan asal-asalan dalam menempatkan pemain. “Saya tak asal pasang pemain. Saya amati kemampuan mereka. Setelah itu saya baru berani bereksperimen. Ini butuh keyakinan dan penuh risiko,” ujar Hendri.

Demikian halnya saat nanti akan bertarung menghadapi PSIS Semarang pada pekan ketiga BRI Liga 1, Sabtu (18/9/2021) nanti. Patut ditunggu, strategi apa lagi yang akan dia terapkan untuk mengatasi kesebelasan asal Semarang, PSIS yang pada laga terakhir kemarin berhasil menahan klub favorit juara Persija Jakarta di Kadang Macan Kemayoran. “Saya sudah pelajari cara main dan materi PSIS. Saya akan lakukan perubahan komposisi pemain lagi. Tapi tak terlalu frontal. Kami tetap main dengan ciri khas Persiraja,” ujarnya dengan mantap.

Reply