Menanti Racikan Coach Milla Bersama Timnas U-22

  • Post by , Sabtu, 18 Feb 17
Menanti Racikan Coach Milla Bersama Timnas U-22

Dengan hadirnya nama-nama baru di skuad Timnas Indonesia U-22 tentunya ini hal menarik sekaligus menantang bagi Luis Milla. Apa yang ditunggu Netizen? Tentunya menanti racikan Coach Milla untuk merengguh mendali emas bersama Timnas Indonesia U-22  dan melanjutkannya di Ajang Asia Games tentunya.

Namun apa yang ada dalam rencana Luis Milla untuk 25 nama Timnas Indonesia yang sudah dirilis baru-baru ini?Kita belum tau tentunya dan tunggu saja kejutan dari 25 nama pemain tersebut. Seperti yang diketahui Coach Milla membawa 3 Kiper, 9 Bek, 11 Gelandang dan 2 Penyerang.

Dalam beberapa nama tersebut 3 diantaranya alumni Timnas U-19 era Indra Sjafri 2013. Namun ada yang aneh, kenapa Coach Milla lebih banyak membawa Bek&Gelandang Sedangkan Coach Milla hanya memanggil 2 Penyerang. Sepertinya Coach Milla Sendiri ingin variasi permainan Timnas Indonesia U-22 seperti gaya permainan Timnas Spanyol.

Seperti yang kita tau, Timnas Spanyol punya Gaya Permainan Tiki taka dengan memanfaatkan umpan pendek, serangan balik dan pressing yang ketat, bahkan diketahui Timnas Spanyol memang tidak terlalu mengandalkan Striker Murni. Timnas Spanyol sendiri sering menggunakan False Nine atau Second Striker. Mungkin saja ini yang akan diterapkan Coach Milla bersama Timnas U-22.

Namun kami akan memprediksikan formasi/starting line up yang akan digunakan Coach Milla bersama Timnas U-22, Sebagai berikut:

Jika dilihat kebanyakan pelatih asal Spanyol tentunya tidak terlepas dari formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3, dan berikut starting line up yang mungkin dipakai oleh Coach Milla:

4-2-3-1 : GK: Muhammad Riyandi – BEK: Putu Gede, Hansamu Yama, Ryuji Utomo, Ricky Fajrin – GELANDANG: Pulo Sitanggang, Muhammad Hargianto – ATTACKER: Febri Hariyadi, Evan Dimas, Yabes Roni – PENYERANG: Marinus Mariyanto.

4-3-3: GK: Rully Desrian – BEK: Putu Gede, Hansamu Yama, Ryuji Utomo, Ricky Fajrin – GELANDANG: Pulo Sitanggang, Muhammad Hargianto, Evan Dimas – PENYERANG: Febri Hariyadi, Marinus Mariyanto, Saddil Ramdani.

Dari prediksi starting line up yang mungkin akan dipakai oleh Coach Milla bisa disimpulkan bahwa mungkin saja Timnas Indonesia U-22 mengadalkan beberapa pasing dilini tengah. Seperti yang kita tau bahwa Putu Gede, Ryuji Utomo, Paulo Sitanggang, Evan Dimas, Muhammad Hargianto dan Febri Hariyadi mempunyai passing yang cukup akurat tidak hanya itu, mereka semua juga sering kali melakukan pressing ketat di ajang Piala Presiden.

Jika dari serangan balik tentu saja Evan Dimas dan Febri Hariyadi yang akan melakukan tugas itu karena keduanya mempunyai kecepatan yang luar biasa. Namun untuk tugas penyerang agak sulit untuk menentukan, keduanya (Ahmad Nur Hardianto dan Marinus Wamenar) sama-sama bermain apik untuk klubnya diajang piala presiden(sama-sama mencetak 1 gol untuk klubnya saat ini).

Namun jika Coach Milla akan menggunakan taktik yang sama dengan timnas spanyol yang seringkali memakai false nine(striker palsu)/second striker mungkin yang akan digunakan adalah Marinus Wamenar, striker 19 tahun ini sebenarnya merangkap sebagai gelandang, gelandang serang dan sayap.

Penulis Agus Zaini tinggal di Depok. Dapat dihubungi melalui akun twitternya @m_yayan11

Komentar

Baca Juga