Klub Jawara Liga Champions ini Tertarik Datangkan Kiper Muda Persipura

Klub Jawara Liga Champions ini Tertarik Datangkan Kiper Muda Persipura

Eksodus pemain yang terjadi di klub kebanggaan masyarakat Jayapura, Persipura Jayapura masih berlanjut. Setelah Immanuel Wanggai berlabuh ke Carsae FC di kompetisi Liga Super Timor Leste dan Boaz Solossa yang juga dihubungkan dengan klub yang akan dilatih Fabio Olivera tersebut, kini bertambah lagi satu pemain yang akan bermain dikompetisi luar negeri yakni berkompetisi di Papua Nugini. Dia adalah Eneko Pahabol, kiper muda Persipura Jayapura yang sedang dalam proses pembicaraan dengan klub terkuat di Papua Nugini, Hekari United FC.

"Iya benar, Eneko sedang dibantu seorang agen pemain untuk berkomunikasi dengan Hekari United. Persipura juga sudah menerbitkan surat keluar pemain profesional atas nama Eneko Pahabol," kata Benhur Tommy Mano, Ketua Umum Persipura Jayapura.

"Kami mendukung penuh kiper ini ke sana demi perkembangan kariernya," lanjut Tommy Mano.

Hal ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi Pahabol untuk mengembangkan karirnya di kompetisi sepakbola Papua Nugini, apalagi Hekari United termasuk klub terkuat di negara tersebut dengan merajai semua kompetisi profesional di Papua Nugini. Selain itu, Hekari United pernah mencatatkan prestasi besar dengan lolos ke Putaran Final Piala Dunia antar klub yang digelar FIFA pada 2010 usai mereka tampil sebagai Juara Liga Champions Oceania 2009/2010 dengan mengalahkan wakil Selandia Baru, Waitekere United di partai final.

Namun nama Hekari United FC memang masih asing bagi penikmat sepak bola tanah air. Namun klub yang berasal dari Port Moresby ini pernah mengikuti Piala Dunia Antar Klub pada tahun 2010 lalu.

Sayang langkah klub pertama asal Papua Nugini yang tampil di ajang tersebut tidak terlalu jauh. Mereka harus kalah dari dari wakil UEA, Al-Wahda dengan skor telak 0-3 dan gagal lolos ke babak perempat final. Ajang tersebut pun diakhiri dengan klub Inter Milan yang menjadi juara

Nama Hekari United FC, yang notabenenya merupakan klub raksasa Liga Nasional Papua Nugini ini, mungkin publik sepakbola nasional tidak banyak yang mengetahui kiprah Hekari United dalam persepakbolaan internasional, namun walau bermain di Papua Nugini dan berkiprah dikompetisi internasional yang digagas Konfederasi Oceania (OFC) prestasi mereka cukup bagus. Salah satunya adalah tampil di Piala Dunia Antar Klub 2010 yang digelar di Uni Emirat Arab usai menjadi jawara Liga Champions Oceania 2009/10.

Namun sayang kiprah Hekari United FC dalam kejuaraan yang dimenangkan oleh Inter Milan harus kandas dibabak kualifikasi setelah kalah dari wakil UEA, Al Wahda dengan skor telak 0-3 usai menaklukkan TP Mazembe 3-0 di babak final lewat gol yang dicetak oleh Goran Pandev, Samuel Eto’o dan Jonathan Biabiany. Walau gagal berprestasi di UEA, namun setidaknya Hekari United FC telah mencatatkan sejarah tersendiri dalam perjalan mereka.

Namun kiprah klub yang bernama lengkap Petroleum Resources Kutubu Hekari United FC ini sejak didirikan pada tahun 2003, telah mencatat prestasi yang gemilang dengan  menjadi jawara disana sebanyak delapan kali yakni musim 2006 hingga 2014. Sedangkan musim lalu mereka gagal menjadi juara yang direbut oleh Lae City Dweleers yang dipartai final mengalahkan Madang FC.

Bila Eneko Pahabol jadi merapat ke Hekari United FC dipastikan akan memiliki saingan dengan kiper yang lebih dahulu bermain diklub yang dilatih oleh Jerry Allen tersebut. Tercatat Hekari United FC sudah memiliki tiga kiper dalam skuat musim 2014 yakni Leslie Kalai, Ishmael Pole dan Beniaminio Mateinaqara. Namun publik sepak bola Indonesia berharap agar Enako Pahabol mampu menunjukan kemapuan terbaiknya guna membuat raksasa Papua Nugini tersebut kepincut dengan performanya. Semoga.

Artikel ini ditulis oleh Achmad Suwefi, penulis biasa dihubungi melalui akun twitternya yang beralamat di @a_wefi

Sumber foto: rimanews.com

Komentar

Baca Juga