Prospek Ezra Walian Bersama Timnas INDONESIA

Prospek Ezra Walian Bersama Timnas INDONESIA

          Belum lama ini dunia sepak bola Indonesia dikejutkan dengan bergabungnya pemain berdarah Belanda-Indonesia yang bernama Ezra Walian, pemain Jong Ajax yang kini masih berusia 19 tahun. Ezra sendiri memiliki Ayah yang berasal dari Indonesia tepatnya Manado dan Ibunya yang asli Belanda. Bergabung dengan Academy Ajax sejak kecil tentunya membuat Ezra memiliki skill yang mempuni. Kini di usia yang baru menginjak 19 tahun itu bisa dikatakan Ezra belum terlambat untuk membela skuad merah putih. Pemain yang berposisi sebagai Striker ini memilih untuk membela Timnas Indonesia dibanding harus bergabung dengan Timnas Belanda.

          Ezra memiliki catatan statistik yang bisa dipertimbangkan sebenarnya oleh jajaran pelatih Timnas Indonesia, musim lalu Ezra membukukan 4 Gol dan 1 Assist dari 12 penampilan bersama Jong Ajax U19 dan hal ini membuat Ezra langsung dipromosikan ke tim U21, dan di musim ini bersama Tim U21 Jong Ajax Ezra sudah mencatatkan 7 kali penampilannya. Sebelum memutuskan untuk membela Timnas Indonesia, sebelumnya Ezra pernah membela Timnas Belanda U15, U16 dan U17, dari catatan bersama Timnas Muda Belanda itu Ezra berhasil mencetak 8 Gol dari 7 kali penampilannya, sebuah rekor yang berhasil dicetak oleh pemain muda sekaliber Ezra. Penampilan terbaik Ezra Walian adalah pada saat ia tampil bersama Timnas Belanda dalam gelaran Kualifikasi Piala Eropa U17 saat itu Ezra berhasil mencetak 5 Gol ke gawang San Marino, sungguh pemain muda bertalenta.

          Namun masa depan Ezra Walian kini ada di tangan Luis Milla (pelatih baru Timnas Indonesia) apakah Milla akan menggunakan tenaga dari pemain berdarah Maluku ini atau lebih memilih pemain lain. Jika Ezra terpilih bagaimana kira-kira Milla akan menempatkan Ezra Walian di Timnas Indonesia?. Pelatih berkebangsaan Spanyol ini baru saja taken kontrak 2 tahun untuk menangani Timnas Indonesia. Namun sah-sah saja kita memprediksikan formasi apa yang akan diterapkan oleh Luis Milla dengan hadirnya Ezra Walian. Dengan gaya permainan khas spanyol mungkin saja Luis Milla akan menggunkan formasi 4-2-3-1/4-4-2, dengan hadirnya Ezra Walian sudah pasti dapat menambah kekuatan lini serang Timnas Indonesia, namun jika dilihat belakangan ini Timnas Indonesia sering kali memainkan formasi 4-4-2/4-2-3-1, jika memainkan formasi 4-4-2 mungkin saja Ezra Walian akan diduetkan dengan Irfan Bachdim, keduanya memiliki darah yang sama campuran Belanda-Indonesia, maka tidak menutup kemungkinan jika mereka berdua mampu bekerja sama dengan apik di lini serang Timnas kita. Namun jika menggunakan formasi 4-2-3-1 mungkin saja Irfan/Ezra akan ditarik ke lini tengah untuk mengisi posisi gelandang serang/second striker. Indah juga jika kita bayangan dapat melihat duet Lilipaly-Irfan Bachdim dan Ezra Walian di Timnas yang mampu membawa kita kembali berjaya.

Penulis Agus Zaini tinggal di Depok. Dapat dihubungi melalui akun twitternya @m_yayan11.

 

Komentar

Baca Juga