Edy Rahmayadi dan Sepak Bola Daerah

Edy Rahmayadi dan Sepak Bola Daerah

''Siapa tu, pak. Perhatiannya pada sepak bola bagus?''

Saya sering dapat pesan seperti di atas, jika sudah ada tersebar informasi terpilihnya seseorang memimpin organisasi sepak bola. Baik lokal, maupun nasional. Termasuk pada Jumat 11 Novemver 2016. Setelah terpilihnya Edy Rahmayadi sebagai Ketua Umum PSSI 2016-2020.

Jawaban saya begini, ''Pangkostrad. Mantan Dandim Batam. Kalau  tingkat nasional itu bedalah pak. Harus yang benar-benar. Edy itu bos klub PS TNI'' 

Saya tahu mengapa pertanyaan teman saya yang sejatinya bukan orang bola bertanya demikian. Karena jika tingkat daerah, tiba-tiba muncul kandidat yang bukan orang bola. Atau dia memang orang bola juga, ketika terpilih, ''mati kutu'' oleh anggaran APBD yang tak bisa cair. Dan itu berlaku bukan hanya di sepak bola, tapi semua organisasi cabang olah raga (cabor). 

Bahkan ada tokoh di daerah, memanfaatkan jadi ketua organisasi olah raga untuk ''batu loncatan''. Tahu sama tahulah, untuk pilkada (pemilihan kepala daerah) atau minimal pileg (pemilihan legislatif). Setelah jabatan diincar tercapai, organisasi tak diurus. Atau setelah terpilih, dia langsung mundur dari semua jabatan organisasi. 

Lalu bagaimana dengan Edy Rahmayadi? Hemm..., saya yakin diurusnya serius. Apalagi tekadnya besar dan didukung pemerintah yang berkuasa saat ini. Lagian,  kalau bicara bola tingkat nasional, baik didukung atau tidak oleh pemerintah tetap menggiurkan bagi sponsor. Tengoklah apa yang digelar ''liga kopi'' sekarang. Sangat semarak.

Jadi, siapapun yang jadi ketua tingkat nasional, belum tentu berimbas ke daerah program-programnya dengan mantap. Alasan klasik dana akan selalu ditonjolkan. Apalagi jika sang ketua tak kreatif, dan pengurus lainnya tak mendesak ketua. Berdiam diri saja. ####

 (Penulis Ade Adran Syahlan bermukim di Batam. Dapat dihubungi melalui akun twitternya @adesyahlan. Tulisan ini telah terbit di koran Batam Pos edisi Minggu 13 November 2016)

Sumber foto: twitter.com/purwoko_djoko

Komentar

Baca Juga